Buntut Dugaan Manipulasi KUR Tani Desa Kedungrejo Kabupaten Probolinggo, LSM NKRI Datangi Polres Probolinggo Hingga DPRD

portalbromo.com – Buntut dugaan manipulasi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani desa Kedung Rejo, kecamatan Bantaran kabupaten Probolinggo bakal panjang.

Hal itu diketahui usai ketua LSM NKRI, Kamari SE mendatangi Mapolres Probolinggo hingga DPRD kabupaten Probolinggo, Jum’at (17/7).

Namun Kamari menyampaikan, kedatanganya bukan dalam rangka pelaporan perkara, melainkan upaya pengumpulan bahan keterangan terkait perkara penyaluran Kredit Usaha Rakyat ( KUR) Tani di desa Kedungrejo, Kabupaten Probolinggo.

“Dengan membawa beberapa alat bukti, Kita coba untuk minta petunjuk terkait perkara ini” Kata Kamari.

Menurutnya pelaporan adalah upaya terakhirnya ketika nanti cara persuasif tidak ada solusi.

“Pelaporan pasti lah, tapi itu klimaksnya, kita depankan cara persuasif dulu, termasuk mengajukan permohonan ke DPRD untuk lakukan dengar pendapat dulu, jika tidak ada solusi kita ke Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu ( SPKT )” Ujarnya.

Bukan hanya Bumdes Kedungrejo, Pria aktif di lembaga pergerakan tersebut mengatakan, polemik penyaluran program KUR Tani tersebut juga bakal menyoal bank BNI cabang Probolinggo.

Ia menduga, BNI cabang Probolinggo sebagai mitra atau rekanan pemerintah dalam penyaluran program KUR Tani diduga unprosedur.

“warga tidak mengetahui bahwa rekening mereka pernah tercatat sebagai penerima dana pencairan, dana itu keluar masuk tanpa sepengetahuan pemilik rekening, sebenarnya siapa yang mengajukan, dan siapa yang mengambil, ini perlu didalami”. Ujarnya

“Penting sekali mengungkap perkara ini, mulai dari prosedur, hinga besaran dana yang terealisasi, kita lihat nanti ya “. Tutupnya.

Dikonfirmasi, pihak Bumdes Kedungrejo Imam Saroji, dan Irma pihak BNI belum memberikan tanggapan.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah petani desa Kedungrejo, kecamatan Bantaran kabupaten Probolinggo mendatangi kantor BNI cabang Probolinggo beberapa waktu lalu.

Didampingi LSM NKRI, mereka konfirmasi terkait besaran dana yang tercatat masuk dan keluar direkening miliknya tanpa sepengetahuan pemilik rekening.(tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll Up