Jadi Gost Writer, Berhasil Dapat Kontrak Puluhan Juta

portalbromo.com – Penulis, penyiar radio, sekaligus pegawai Diskominfo Kota Probolinggo Stebby Julionatan, dinyatakan lolos Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI). Ia dinyatakan lolos di jurusan Kajian Gender Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia pada bulan Desember 2020 lalu.

Berawal dari undangan UI di tahun 2019, ia menjadi moderator bagi acara bedah buku (alm.) Prof. Sapardi Djoko Damono. Saat itu, ia tidak secara serius ditawari oleh orang-orang di UI.

“Kamu ga pengen kuliah lagi kah? Kamu ga pengen kuliah di sini kah?” kira – kira begitu tawaranya, karena belum terpikir serius ia hanya menganggap angin lalu. Di Maret 2020 pandemi melanda, bulan yang biasanya penuh dengan kesibukan menjadi stress karena tidak ada kegiatan yang ia kulakukan. Tawaran UI tersebut semakin santer dan serius.

Disinggung masuk UI bayar apa gratis, ia menjawab Tentu saja bayar. “Sebenarnya saya awalnya ada Lembaga pendonor. Namun karena covid, Lembaga pendonor tersebut di bulan November menarik investasinya. Sehingga murni, untuk masuk aku berusaha sendiri. Nah di titik inilah aku mengembangkan sayapku,” ujarnya

Lebih lanjut ia berfikir keahlian apa yang bisa dijual dengan talentanya yang sebagai penulis. Gayung pun bersambut, saat ini ia sedang menekuni sebuah profesi menjadi penulis biografi dan gostwriter.

Di UI jurusan yang diambil Kajian Gender di Fakultas SKSG (Sekolah Kajian Stratejik dan Global). Ia tidak menyangka bahwa bisa lolos seleksi masuk atau SIMAK UI tersebut dalam sekali ujian saja. Belajar berbulan-bulan untuk menyiapkan diri ikut ujian tersebut pun terbayar sempurna.

Ditanya apa pengaruh ke pekerjaan, Stebby mengatakan, jika untuk pekerjaan saya sebagai staf komunikasi non-ASN di Pemkot Probolinggo tentu tidak berpengaruh. Mungkin berpengaruh tapi tak secara langsung. Kuliah saya berpengaruh besar ke dalam karir kepenulisan saya. Contoh paling simple, sebelum kuliah dimulai saja, saya berhasil mendapatkan kontrak senilai 20 juta sebagai seorang penulis. Tentu saja ini adalah kontrak tertinggi dalam karir saya sebagai seorang penulis.

Berharap ingin lebih baik lagi. Stebby ingin menebus kegagalanya kemarin-kemarin. Ia merasa kurang maksimal ketika jalur menempuh S1 di Pendidikan Bahasa Inggris – STKIP PGRI Pasuruan (sekarang Uniwara).

“Saya paham bahwa kualitas diri kita tidak berasal dari kuliah atau kampus mana dia menempuh Pendidikan, tapi mendapat pengalaman untuk belajar di kampus terbaik di Indonesia adalah sesuatu yang membahagiakan. Dan mudah-mudahan, mohon doanya bisa summa cum laude,” harapnya

“Aku ingin pengalaman yang aku dapat di sana, dan tentunya bekal ilmu yang aku dapat, bisa semakin membuka pemahaman saya tentang manusia, tentang dunia. Dan melalui ilmu ini pula saya ingin seperti ‘ruji sepeda’ bisa memandang segala sesuatu dari banyak sisi,” pungkasnya.(wn)

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll Up