Keindahan Air Terjun Kalipedati, Bikin Pengunjung Serasa Di Alam Lain

Portalbromo.com – Selain gunung Bromo, satu lagi spot wisata alam bebas yang layak dikunjungi saat memilih Probolinggo sebagai destinasi wisata.

Air Terjun Kali Pedati merupakan tempat wisata sangat cocok bagi para penikmat wisata alam bebas. Wisata ini seakan menjadi surga karena wisatanya tersembunyi di sisi selatan Kabupaten Probolinggo.

Air terjun Kali Pedati berada di Desa Kalianan kecamatan Krucil, kurang lebih 40 kilometer dari kota Probolinggo atau 30 kilometer jika di tempuh dari kota Kraksaan.

Kemolekan pesona alamnya yang masih perawan, sampai detik ini  masih begitu terawat dan terjaga dari pengerusakan alam.

Objek wisata alam ini menawarkan pesona yang berbeda dengan lainnya. Perpaduan antara eksotisnya air terjun, perkebunan kopi, vegetasi liar dan tebing alam yang menjulang ibarat kombinasi rasa khas di spot wisata ini.

Keanekaragaman hayati yang hidup di sekitarnya seperti burung, primata, serangga, beragam jenis rumput liar, dan anggrek yang saling menempel di batang pohon kopi seakan menjadi menu pembuka sebelum menyeret mata wisatawan pada air terjun setinggi kurang lebih 50 meter ini.

Terletak di lereng utara Gunung Argopuro (Hyang Barat), wisata ini menyimpan banyak keanekaragaman hayati seperti satwa.

Dari data yang didapatkan, 24 satwa liar jenis burung  berhasil tercatat dan teridentifikasi. Diantaranya, Prenjak Coklat, Meninting kecil, Cekakak Jawa, Pelanduk semak, Elang ular bido, Elang Sikep madu Asia (Migran).

Selain itu, ada juga burung jenis Kicuit Batu (Migran), Kadalan Birah, Pelanduk Topi Hitam, Takur Tenggeret, Srigunting Kelabu, Sikatan Kerdil, Sikatan Kepala Abu Abu, Cinenen Pisang, Cinenen Jawa, Wiwik Kelabu, Kaladi Ulam, Madu Bunga Api, Merbah Terucuk, Merbah Kutilang, Bondol Jawa, Bondol Peking, dan Layang-Layang Loreng.

Selain jenis burung juga sering dijumpai koloni lutung jawa dan tupai yang tampak berkeliaran dan bersembunyi di balik pepohonan sepanjang jalur menuju spot air terjun. Tentu hal ini menjadi sebuah hal yang menarik bagi pengunjung yang datang ke wisata ini.

Akses menuju Air Terjun Kalipedati

Karena tergolong baru, akses menuju air terjun Kalipedati masih terbilang cukup menguras tenaga, jika anda menggunakan kendaraan roda empat, maka anda akan di paksa untuk memarkir kendaraan di pemukiman warga desa Kalianan, yang mana jarak tempu dari pemukiman warga ke titik lokasi air terjun masih sekitar enam kilometer.

Namun hal berbeda jika anda menggunakan kendaraan roda, anda bisa memarkir kendaraan di kebun kopi yang hanya berjarak sekitar 700 meter dari air terjun.

Memang masih terbilang minim fasilitas, tapu semua rasa lelah anda akan terbayar saat melihat keindahan air terjun andalan baru pemerintah kabupaten Probolinggo ini.

Menurut Reno Handoyo anggota DPRD kabupaten Probolinggo yang dijumpai di lokasi saat itu, air terjun Kalipedati merupakan sala satu penyokong dari destinasi wisata yang lain yang ada di Probolinggo.

“Air terjun Kalipedati penyokong wisata yang sudah ada dan masuk dalam rencana pengembangan pariwisata. Mengingat wisata tersebut sudah dikenal oleh masyarakat dan setiap akhir pekannya tidak pernah sepi dari pengunjung”.

Ia menjelaskan pengembangan potensi wisata akan dilakukan secara bertahap. Dimulai dengan pembangunan akses menuju lokasi wisata. Pembangunan ini dilakukan untuk memberikan kemudahan pengunjung yang saat ini masih belum dibangun.

“Pengembangan dilakukan secara bertahap. Jalan setapak menuju lokasi air terjun akan dibangun supaya pengunjung lebih nyaman, Setelah dilakukan pengembangan diharapkan akan berkontribusi juga pada kenaikan PAD.” Tuturnya.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat wisata Air Terjun Kali Pedati di Probolingo,anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya.

Jangan lupa pantaulah cuaca saat akan berkunjung ke Air Terjun Kali Pedati, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan.

Beberapa barang tambahan seperti kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda. Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati. (Pacul Gowang).

7 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll Up