Pemkot – Pemkab Probolinggo Kerjasama Atasi Virus Corona

portalbromo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dan Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo melakukan rapat koordinas (rakor) bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo dan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Probolinggo, Senin (30/3/2020).

Rakor yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan Sekda Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati bersama Satgas PP COVID-19 masing-masing ini difokuskan untuk melakukan penjajakan kerja sama dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di kedua daerah.

Dari rakor bersama dengan Pemkot Probolinggo ini, ada 3 (tiga) poin penting yang dihasilkan untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut. Karena tujuan utama dari rakor tersebut adalah untuk mensinkronkan kegiatan yang ada di Kabupaten dan Kota Probolinggo dalam rangka bersama-sama mencegah penyebaran COVID-19.

Juru Bicara Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto menyampaikan salah satu poin yang dihasilkan dari rakor tersebut apabila memungkinkan ada kerja sama maka akan dilakukan kerja sama.

“Kedua, untuk memperjelas aturan masing-masing layanan yang ada. Ketiga, kita berusaha menyeragamkan atau menyamakan upaya-upaya yang dilakukan dalam pencegahan COVID-19 di Kabupaten dan Kota Probolinggo,” katanya.

Sebagai bertetangga dekat jelas Anang, jangan sampai ada kebijakan di Kota Probolinggo yang tidak bisa dilakukan di Kabupaten Probolinggo atau kebijakan di Kabupaten Probolinggo tidak bisa dilakukan di Kota Probolinggo. Oleh karena itu perlu dicoba untuk mensinkronkan hal tersebut.

“Jadi intinya ada 3 hal yang dilakukan dalam rakor bersama Pemkot Probolinggo. Yakni, mencoba bekerja sama, memperjelas aturan dan bila memungkinkan menyamakan kebijakan agar sama. Sehingga prinsipnya ada kesamaan dalam penanganan COVID-19 di Kabupaten dan Kota Probolinggo,” tegasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono menyampaikan Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo sudah menyatukan langkah bersama dengan satgas yang ada di kecamatan dan desa.

“Semua ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Disamping juga sangat perlu melakukan sinergitas yang baik dengan Satgas COVID-19 Kota Probolinggo demi memutuskan rantai penyebaran COVID-19,” ujarnya.

Hal ini mendapatkan tanggapan yang positif dari Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati. Menurutnya, perlu dilakukan penyamaan persepsi ke depannya dalam penanganan COVID-19, baik dari pelayanan kesehatan, mekanisme dan penanganan permasalahan arus mudik.

“Salah satunya dengan melakukan antisipasi di terminal dan pelabuhan sebagai salah satu pintu masuknya penyebaran COVID-19,” katanya.(wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll Up