Rukmini: Cetak KTP Bisa Di Kelurahan

Wonoasih, detiknasional.com – Selasa, (14/8), Wali Kota Probolinggo Rukmini bersama dengan Kepala Dispenduk Capil Tartib Goenawan, Kepala Diskominfo Aman Suryaman, Kepala Bagian Humas dan Protokol Mardi Prihartini beserta para Camat, melaksanakan kunjungan dan monitoring pelayanan administrasi kependudukan.

Wilayah selatan menjadi jujukan Rukmini dan rombongannya. Kelurahan Pohsangit Kidul Kecamatan Wonoasih menjadi tujuan pertama. Disana Rukmini menemui operator pelayanan administrasi dan mengecek langsung aplikasi data di komputer. Ia pun berkesempatan mencoba mencetak salah satu data penduduk setempat.

Rukmini menyatakan tujuan dari kunjungannya tersebut terkait dengan kesiapan layanan administrasi kependudukan. Ia berharap layanan administrasi kependudukan bisa dilakukan di Kelurahan yang merupakan tempat paling dekat dengan masyarakat. “Jadi masyarakat sudah tidak perlu lagi ke Dispenduk Capil untuk melakukan pelayanan administrasi kependudukannya”, ungkapnya.

Disinggung mengapa wilayah selatan yang menjadi tujuan kunjungannya, Ia menjawab bahwa jika wilayah selatan, dengan jumlah masyarakat pedesaan paling banyak, sudah bisa melakukan layanan ini, maka kelurahan yang berada di daerah dekat kota juga pasti bisa, jadi sudah tidak perlu di monitoring lagi.

Selain itu, Tartib Goenawan  mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Semua kelurahan di Kota Probolinggo sudah bisa melakukan dua layanan, yakni, mengurus akta kelahiran dan akta kematian.

“Ini akan bertahap, targetnya semua layanan administasi kependudukan bisa dilakukan di kelurahan, sehingga masyarakat lebih mudah mengakses data kependudukannya,” harap Tartib.

Beranjak dari Pohsangit Kidul, Rukmini beserta rombongan melanjutkan kunjungannya ke Kelurahan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok.(wan/hum)

Source: Humaspol Kota

Scroll Up