Sudah Lewat 12 Hari Sejak Banjir Pertama, Tebing Penahan Air yang Runtuh Penyebab Terendamnya Ribuan Warga di Dringu Belum Tersentuh

Portalbromo.com – Sudah lewat dua belas hari sejak banjir pertama yang terjadi 28 Maret 2021 kemarin, tebing penahan air (TPA) yang longsor penyebab tumpahnya air sungai Kedunggaleng ke pemukiman warga di desa Dringu belum tersentuh penanganan pihak pemerintah.

Sejauh ini warga di sekitaran lokasi runtuhnya TPA tersebut masih memperbaiki secara manual dengan peralatan seadanya, seperti menancapkan bambu dan menutup rongga yang menjadi jalan tumpahan air sungai dengan potongan ranting pohon.

Tidak hanya satu titik, TPA yang selama ini melindungi warga dari tingginya kiriman air dari daerah dataran tinggi seperti Bantaran, Kuripan, hingga Bromo itu runtuh di empat titik, hal ini menyebabkan potensi banjir yang lebih besar bakal terjadi jika kiriman air dengan volume besar terjadi lagi.

“Tidak mengurangi rasa terima kasih kepada pemerintah atas perhatiannya, namun penyebab utama tumpahnya air dari sungai belum tersentuh, bantuan bentuk sosial memang sangat penting mengingat kondisi rumah sudah tidak bisa dipakai untuk beraktifitas, namun yang lebih penting penyebab utama harus di tangani juga.” Kata Samsul warga setempat.

Bawon warga yang rumahnya tak jauh dari bantaran sungai juga mengatakan, musim penghujan masih berlanjut tentunya potensi banjir masih sangat mungkin terjadi, jika TPA yang longsor belum terbenahi maka musibah ini akan terus berlanjut.

“Sebenarnya yang diinginkan warga adalah penanganan pada TPA yang longsor, jika tidak maka seperti mengisi karung kosong. Musim hujan masih berlanjut, tentu banjir masih ada, jika ada pembenahan pada TPA setidaknya akan meminimalisir musibah”. Ucap Bawon.

Untuk diketahui, setelah banjir susulan yang ketiga, kondisi warga terdampak banjir desa Dringu begitu semakin menghawatirkan, sejumlah rumah mulai ditinggalkan penghuninya. Hal ini di karenakan bertambahnya jumlah TPA yang longsor di bantaran sungai semakin banyak. Mereka kuatir, banjir susulan dengan arus yang lebih besar mengancam jiwa keluarganya.(mr)

3 Comments

  1. Keep up the excellent work, I read few articles on this site and I conceive that your website is really interesting and has sets of superb info .

  2. Thanks a bunch for sharing this with all people you really know what you are speaking about! Bookmarked. Kindly also consult with my website =). We can have a link exchange agreement between us!

  3. Please let me know if you’re looking for a writer for your site. You have some really good articles and I feel I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d really like to write some material for your blog in exchange for a link back to mine. Please send me an email if interested. Thanks!|

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll Up