Usai Aneka Lomba Islami, Pemkot Probolinggo Lakukan ini di Puncak Peringatan Hari Santri Nasional, Museum Rasulullah SAW Diresmikan

portalbromo.com – Usai berbagai lomba digelar sejak awal Oktober 2020, Pemkot Probolinggo lakukan ini di puncak Peringatan Hari Santri Nasional ( HSN), Kamis (22/10/2020).

Upacara Bendera HSN.
Upacara Bendera digelar di halaman Pemkot Probolinggo sebagai pembuka puncak peringatan HSN.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ( Prokes ), suasana tidak biasa nampak dalam gelaran tersebut.

Mulai dari walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin selaku pembina upacara, petugas upacara, hingga tamu undangan mengenakan setelan sarung dan kopya layaknya santri.

Dalam sambutanya, habib Hadi ( sapaan walikota) menyampaikan penetapan Hari Santri Nasional merupakan bentuk pengakuan pemerintah Indonesia atas peran serta ulama dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Bertepatan pada tanggal 9 Muharrom 1437 Hijriah atau pada tahun 2015 lalu, bangsa Indonesia menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.”

“ini adalah bentuk pengakuan dan penghormatan bangsa Indonesia atas peran serta ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia” katanya.

Menurut Habib kipra santri dalam menjaga bangsa Indonesia berdasarkan pancasila telah teruji.

“Kipra santri teruji dalam mengokohkan pilar-pilar NKRI berdasarkan Pancasila, bersendikan Bhineka Tunggal Ika, santri berdiri di garda terdepan dalam membentengi NKRI dari berbagai ancaman” lanjutnya saat sambutan.

Peresmian Museum Rasulullah.
Kini warga kota Probolinggo tak lagi harus pergi ke jauh untuk melihat barang-barang bersejarah peninggalan Nabi Muhammad SAW.

Bertepatan dengan hari santri, walikota Probolinggo meresmikan museum Rasulullah yang berlokasi di Jalan Suroyo, Probolinggo.

Tempat yang dulu bernama Museum Probolinggo itu kini menyimpan barang-barang berharga peninggalan Rasulullah SAW dan para sahabatnya, bahkan museum tersebut kini berganti nama menjadi Museum Rasulullah.

Selain tedapat sejumlah barang yang pernah dipakai manusia paling mulia umat Islam itu saat berjuang menyebarkan agama Islam, juga tersimpan barang milik para sahabatnya.

Beberapa barang yang pernah melekat pada sang Nabi Allah yang kini tersimpan di museum Probolinggo diantaranya, darah bekas bekam Sang Nabi, rambut ( rambut kepala dan dagu ) dan beberapa lagi yang lainya.

Di Museum kebanggan warga kota Probolinggo tersebut juga tersimpan pedang Khalid al walid, baju perang kerajaan Othmani, batu nijil, batu yang dibawah burung Ababil untuk menghancurkan bala tentara yang dipimpin oleh panglima perang Yaman, Abrahah, sebelum munculnya Islam untuk menghancurkan Kakbah di Mekkah, konon batu itu berasal dari neraka.

Walikota Probolinggo menyampaikan, keberadaan barang-barang mulia tersebut merupakan anugrah untuk kota Probolinggo.

Menurutnya, dirinya (red:Walikota Probolinggo) tidak menyangka jika kota Probolinggo akan menjadi tempat terpilih untuk menjaga warisan tak ternilai tersebut.

“Saya juga tidak menyangka jika kota Probolinggo akan menjadi tempat barang-barang istimewa itu, saya rasa semua ini sudah takdir”

Tercatat sudah 3000 daftar antrian baik dari dalam dan luar kota untuk mengunjungi museum Rasulullah.

Dalam rilis pria yang juga pemimpin pondok pesantren Rodliyatus Solihin Ketapang Probolinggo itu tetap menerapkan protokol kesehatan dalam mengatur jadwal pengunjung.

“Setiap hari akan dibagi menjadi 9 sesi, dimana setiap sesi berjumlah 40 orang atau 25 persen dari kapassitas ruangan, hal ini untuk menghindari kerumunan agar protokol kesehatan tetap terlaksana, karena kapasitas museum Probolinggo hanya untuk 150 orang.”

Habib berharap, museum Probolinggo benar-benar membawah berkah untuk kota Probolinggo.” Semoga museum ini benar-benar membawa berkah untuk kota Pribolinggo” pungkasnya.(adv)

2 Comments

  1. Great – I should certainly pronounce, impressed with your site. I had no trouble navigating through all the tabs as well as related info ended up being truly simple to do to access. I recently found what I hoped for before you know it at all. Reasonably unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or anything, site theme . a tones way for your client to communicate. Excellent task.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll Up