ACT Bersama Warga Andungbiru Probolinggo Bangun Jaringan Pipanisasi

portalbromo.com – Probolinggo (23/01)– Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui Global Wakaf bekerjasama dengan warga Desa Andungbiru Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Jawa Timur membangun jaringan pipanisasi air untuk masyarakat sejauh 4 Kilometer dan menjangkau kurang lebih 150 KK.

Program pipanisasi yang dimulai sejak November 2019 dan Rampung 23 Januari 2020 ini dilakukan untuk mempermudah akses air bersih bagi warga desa andungbiru yang selama ini mendapatkan pasokan air bersih dengan berjalan kaki ke sungai.

Suhadi Warga Desa Andungbiru menyataan dirinya senang sudah dapat menikmati air dari pipanisasi yang dibuat oleh warga bersama ACT, “senang karena ngggak perlu ke sungai lagi,dulu harus ke suangi dulu ambil air, ya walaupun belum ada kamar mandi yang penting sudah bisa menampung air dulu” jelasnya.

Sementara itu sumber air untuk pipanisasi merupakan sungai yang berada di area perkebunan kopi dibawah pegunungan argopuro sekitar 2 KM dari perumahan warga, medan yang sulit membuat pembangunan dan pemasangan pipa sedikit terhambat karena melewati daerah perkebunan dan bukit sebelum bisa disalurkan ke rumah-rumah warga.

Abdul Aziz selaku Koordinator pembangunan Pipanisasi menjelaskan kesulitan membangun jaringan pipa dikarenakan lokasi sumber pengambilan air yang berada di Kawasan perkebunan dan harus menggali sedalam satu meter sebelum siap di pasang pipa.

“Kesulitan pembangunan pipa ini kita harus menggali sungai sedalam satu meter dan lebar satu meter untuk pemasangan pipa utama, kita juga memasang jaring untuk filter air sebelum masuk ke pipa” terangnya.

Sementara itu Dani Ardissa Selaku Staff Program ACT menjelaskan pembangunan pipanisasi ini sepenuhnya dibangun dengan kerjasama warga andungbiru dengan harapan warga andongbiru tidak perlu lagi untuk mengambil air dari sungai tapi cukup menggunakan pipa.

“Pembangunan pipanisasi ini sepenuhnya dilakukan oleh masyarakat dengan harapan masayarakat nantinya tidak perlu berjalan kaki mengambil air di sungai, bahkan warga sudah memiliki inisiasi untuk memperluas jaringan pipa dengan patungan antar warga” jelasnya.

Lebih lanjut Dani menjelaskan bahwa ACT akan terus memberikan pendampingan dan monitoring setiap bulannya kepada warga andungbiru agar program pipanisasi ini dapat lebih luas lagi memberikan manfaat bagi warga sekitar.(tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll Up