Melalui SPKP Episode V Mayangan : Disbudpar Kota Probolinggo Promosikan Budaya Lokal

Portalbromo.com – Upaya menjadikan kota Probolinggo sebagai destinasi wisata, Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar) kota Probolinggo promosikan kebudayan lokal.

Hal ini tampak dari materi yang di usung Disbudpar sebagai salah satu leading sector dalam event Semarak Pagi Kota Probolinggo (SPKP) episode ke V di jalan Hayam Wuruk, Jati, Probolinggo (21/12). Antara lain, musik tradisional gamelan, perkusi, gambus, patrol dan kecapi.

Ada yang apik dari beberapa kebudayan lokal yang disajikan oleh dinas Pariwisata ini, selain tari Zapin etnis Arab yaitu penampilan Tari Sandorennang.

Tampak Wali Kota Habib Hadi Saat Sampaikan Sambutan

Tari Sandorennang merupakan perpaduan antara seni tari dan seni teater, yang bercerita tentang orang-orang yang sedang panen dengan riang gembira.

Di mainkan oleh sekelompok penari dari Sanggar Holla Dancer kota Probolinggo, penampilan yang satu ini cukup menarik pengunjung.

Penjiwaan para penari memasukan cerita ke dalam sebuah tarian menjadikan tontonan ini berbeda dengan tarian pada umumnya, penonton seakan melihat sebuah teater namun nuansa irama tari masih tetap ada.

Walikota Bersama Jajaran OPD Melepas Burung Merpati Simbol Pembukaan SPKP Episode V

Dalam sambutanya Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyampaikan, Probolinggo memiliki banyak potensi untuk jadi kota jujukan wisata, namun hanya tertinggal dalam hal promosi.

“Kota Probolinggo punya banyak materi untuk menjadikan kota Probolinggo sebagai destinasi wisata, namun kurangnya promosi, menjadikan kita seakan tertinggal dari kota lain”. Kata Habib ( Sapaan walikota Probolinggo).

“SPKP selain sebagai Wadah Pemerintah kota Probolinggo untuk menyampaikan program kerja ke masyarakat, juga sebagai sarana melestarikan dan mempromosikan kebudayaan lokal kita Probolinggo”. Ungkapnya

Tampak Kang dan Yuk Terpilih 2019 Bersama Walikota

Lebih lanjut Walikota menambahkan, giat ini juga dalam rangka dorong perekonomian, selain memfasilitasi UMKM dalam promosikan produk, kita bisa sampaikan ke masyarakat, bahwasanya apa saja yang di lakukan Pemerintah Daerah.

Selama 11 bulan kepemimpinan ini, saya harus sampaikan benar capaian saya, pertama yang menjadi harapan, gratis biaya SD dan SMP. Keberhasilan ini karena amanah dan dukungan dari masyarakat.

“Masalah kesehatan sudah berjalan dengan baik, melalui program UHC, tahun 2020 pembangunan rumah sakit bisa di lakukan, karena pembangunan RS ini masuk Perpres,” jelasnya

Tampak Penari Sandrorennang Sangat Menjiwai

Disbudpar sebagai salah satu leading sektor dalam SPKP juga kepariwisataan, memang dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan kreasi pariwisata dalam rangka menuju kota destinasi wisata.

Tak hanya itu, kemarin juga telah terpilih Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2019 penerus Kang dan Yuk 2016, melalui  pemilihan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia utusan daerah sebagai pemilihan duta wisata Raka Raki Provinsi Jawa Timur,” ujar Kepala Disbudpar Tutang Heru Aribowo

“Mereka yang terpilih adalah yang terbaik di Kota Probolinggo. Mereka, bersama Disbudpar akan berkolaborasi untuk meningkatkan kemampuan personal untuk memberi informasi dan promosi wisata daerah,” tandasnya.(tim/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll Up