Peduli Kesehatan Petugas, UMKM Sumbang Minuman Herbal dan Masker

portalbromo.com – Rasa kepedulian yang tinggi muncul di tengah kewaspadaan merebaknya virus korona di Kota Probolinggo. Sejumlah UMKM memberikan bentuk perhatia n mereka kepada anggota Satpol PP dan Damkar yang saban hari bertugas di lapangan.
Itu nampak saat apel personil Satpol PP dan Damkar di halaman kantornya, di Jalan Panglima Sudirman, Senin (30/3) pagi.

Ratusan minuman herbal terbuat dari empon-empon dikemas dalam botol, snack dan masker kain yang berasal dari UMKM yang tergabung dalam Asosiasi Makanan Minuman Jawa Timur. Komunitas antar ambil barang/mamin offline di Kota Probolinggo pun ikut serta dalam kegiatan ini.

“ Kami merasa dilindungi, lalu apa yang bisa kami lakukan? Hanya ini yang bisa kami berikan sebagai kepedulian kami kepada petugas. Sebagai masyarakat kami merasa terenyuh dengan tugas bapak-bapak ini. Mudah-mudahan setiap ada kegiatan, kami sebagai UMKM ikut berkontribusi,” ujar Zainal Abidin, pelaku UMKM di bidang makanan yang hadir dalam apel.

Ada sekitar tujuh UMKM yang ikut membantu memberikan bantuan dari masing-masing bidang yang berbeda. Berawal dari perbincangan di antara mereka, akhirnya ada yang bersedia memberi botol, membuat minuman, makanan hingga menjahit masker kain yang bisa dicuci dan dipakai kembali.

“Setiap hari kami menyebarkan masker ke masyarakat gratis, ini yang ke empat kalinya kami berikan kepada petugas Satpol PP sebagai ujung tombak yang harus kita patuhi imbauannya. Kami berharap agar Kota Probolinggo tidak menjadi zona merah,” tuturnya

Kepala Satpol PP Kota Probolinggo Agus Efendi mengungkapkan apresiasinya karena ada kepedulian dari masyarakat khususnya UMKM dan komunitas antar ambil barang/mamin yang respek kepada personilnya.

“Sebagai petugas di garda terdepan, Satpol PP dan Damkar ternyata teman-teman komunitas mensupport kami agar tetap sehat dan bekerja dengan baik. Di tengah keterbatasan masker, UMKM membuatkan masker yang bisa dicuci hingga tidak habis pakai,” jelasnya

Kepada anak buahnya, Agus meminta tidak melihat dari bantuannya tetapi lebih pada sisi rasa atau perhatian dan keikhlasan pelaku UMKM. “Saya mewakili semua petugas Satpol PP dan Damkar sangat berterimakasih atas bentuk partisipasi masyarakat mendukung pemerintah,” paparnya

Ya, seperti diketahui, dalam penanganan pencegahan COVID 19, kegiatan Satpol PP dan Damkar melakukan patroli ke sejumlah ruang publik setiap hari.

Mereka mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun, tetap tinggal di rumah sesuai anjuran pemerintah. (fam/mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll Up