Tak mau Kalah, Dinas Pertanian Kota Probolinggo Usung Ini di Launching Wis Yo Pro Rek (Wisata Yo Probolinggo Rek)

portalbromo – Agenda Semarak Pagi di Kota Probolinggo (SPKP) yang digelar di jalan ikan Paus sepanjang ruas jalan depan kantor Kecamatan Mayangan, Minggu (2/2) berbeda dari gelaran biasanya.

Yang menjadi lebih istimewa event sebagai bentuk menjaga kearifan budaya lokal serta ajang promosi kerja pemerintah kota Probolinggo itu adalah hadirnya bintang tamu artis kondang religi Opick.

Sontak Acara yang juga bersamaan dengan launching Wis Yo Pro Rek (Wisata Yo Probolinggo Rek) dibanjiri warga dari dalam maupun luar kota Probolinggo.

Tak mau kalah dapat perhatian, dinas Pertanian Ketahanan Pangan (DPKPP) dan kelautan kota Probolinggo gelar potensi produk unggulan daerah olahan hasil pertanian dan kelautan.

Sekretaris DPKPP Ir. Yoyok Imam Siswayudi mengatakan produk olahan ini dihasilkan oleh 5 kelompok tani yang bergabung dalam Gapoktan di 5 kecamatan, baik produk olahan dari tanaman pangan ataupun tanaman hortikultura.

“Dari tahun ke tahun produk olahan hasil pertanian ini mengalami peningkatan, di gelar potensi produk unggulan daerah dan olahan hasil pertanian tahun ini kita utamakan hasil tanaman pangan dan hortikultura yang organik dari tanaman pangan yang belum begitu terkenal, seperti jagung yang bisa diolah menjadi olahan pangan yang bisa ditampilkan dan bisa dijual,” ujarnya.

SPKP episode pertama di tahun 2020 ini diikuti 200 UMKM dan PKL dan dibuka langsung oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin. Hadir juga para anggota Forkopimda dan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkot Probolinggo. Termasuk Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib dan Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati.

Dalam sambutannya, Wali Kota menjelaskan capaian satu tahun pemerintahannya. Seperti, pengadaan ambulans untuk tiap kelurahan di kota. Walaupun saat ini baru 18 ambulans yang sudah direalisasikan.

Lalu, pengadaan seragam gratis untuk siswa SD dan SMP, negeri dan swasta. Juga sekolah gratis untuk SD dan SMP negeri. Dan sekolah murah dan bermutu untuk SD dan SMP swasta.

Menurutnya, semua capaiannya itu perlu diketahui warga kota, sebab wali kota adalah pejabat publik. Juga sebagai bentuk tanggung jawab dari amanah yang diemban sebagai wali kota.

“Bukanya mau pamer atas pencapaian atau keberhasilan mengenai sejumlah visi-misi saya. Namun, ini sebagai bentuk tanggung jawab atas amanah yang saya dan Pak Wakil emban. Dan sebagai pejabat publik saya ingin blak-blakan dan saling terbuka. Sebab, keterbukaan informasi itu sangat penting,” tuturnya.

Wali Kota juga minta doa seluruh warga kota agar rencana peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit baru terealisasi tepat waktu. “Doakan saja, kalau tidak akhir Maret, awal April kami akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit baru,” ucap Habib, Sapaan walikota Probolinggo.(tim/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll Up