Ikan Paus Jenis Pilot Terdampar di Permata Kota Probolinggo

portalbromo.com, Probolinggo – Seekor ikan paus jenis pilot (Globicephala) Jum’at 18 Oktober 2024 petang terdampar di Pantai Permata, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo Jawa Timur. Mamalia laut tersebut ditemukan masih dalam kondisi hidup, sehingga langsung mendapat perhatian dari warga dan pihak berwenang setempat untuk dilakukan upaya penyelamatan.

Warga setempat berbondong-bondong mendatangi lokasi terdamparnya paus pilot, mengerumuni mamalia laut yang diperkirakan memiliki panjang 6 meter dan berat lebih dari 1 ton. Tubuh paus tersebut berwarna hitam legam. Diduga, paus pilot ini terpisah dari koloninya, menyebabkan ia tersesat hingga terdampar di pantai. Pihak berwenang kini berusaha melakukan evakuasi untuk menyelamatkannya.

Sugianto, pencari kerang, melihat paus terdampar sekitar pukul 15.00 WIB. Awalnya, ia mengira paus tersebut adalah jaring ikan. “Saat saya hampiri, ternyata paus. Kaget, karena saya kira jaring ikan, soalnya tidak bergerak,” ujarnya.

Sugianto melaporkan kejadian itu kepada kelompok nelayan di Pantai Permata. “Benar hidup, tapi lemah. Sepertinya sempat berenang, tapi terjebak saat air surut,” ujarnya.

Menurut Sugianto, paus pilot terdampar baru kali ini terjadi di Pantai Permata. “Kalau hiu tutul, pernah, hampir tiap tahun. Tapi paus, setahu saya belum pernah,” tambahnya.

Warga berusaha menyelamatkan paus dengan menyiram tubuhnya menggunakan air pantai, sambil menunggu air laut pasang untuk membawanya kembali ke laut.(mik)